Cara Mendapatkan Tiket Kereta Api Tambahan

Transportasi umum merupakan salah satu hal yang sangat dibutuhkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan perjalanan yang cukup jauh. Salah satu transportasi umum yang paling dibutuhkan adalah kereta api karena penggunaannya yang nyaman serta lebih leluasa didalamnya. Terlebih jika kebutuhan transportasi ini meningkat drastis pada kondisi tertentu seperti musim liburan atau mudik lebaran.

Bahkan dalam waktu yang sangat singkat saja tiket kereta api sudah terjual habis. Akibat dari kondisi tersebut menyebabkan kurangnya pasokan tiket bagi masyarakat sehingga dikeluarkannya tiket kereta api tambahan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Namun bagi orang-orang yang tidak tau atau lambat dalam mengetahui hal ini tentu akan tetap kehabisan tiket karena banyaknya permintaan akan tiket itu sendiri.

Orang-orang yang ingin menggunakan kereta api pasti tidak akan menyia-nyiakan kesempatan akan kehadiran tiket tambahan ini. Oleh karena itu, untuk menghindari kehabisan tiket kereta yang kedua kalinya Anda juga harus mempunyai strategi agar bisa memperoleh tiket kereta api tambahan. Beberapa cara yang bisa dilakukan agar tidak kehabisan tiket kereta api tambahan adalah sebagai berikut ini.

Menjaga Kestabilan Koneksi Internet

Saat memesan tiket kereta api tambahan secara online tentu Anda harus mengaktifkan data seluler atau jaringan internet. Hal ini sangat penting sebagai penentu hasil akhir apakah tiket sudah terbooking oleh Anda atau belum. Jika koneksi internet Anda tidak stabil maka proses pemesanan tiket mungkin akan terhenti di tengah jalan. Terlebih jika tidak segera memperbaikinya, maka tiket yang Anda incar akan diambil alih oleh orang lain.

Dalam hal ini, pastikan kuota Anda tidak menipis saat melakukan pemesanan serta gunakan operator telekomunikasi dengan jaringan yang tidak lelet. Dengan demikian Anda masih dapat kebagian tiket kereta api tambahan serta tidak sampai menyesal pada diri sendiri jika gagal karena masalah koneksi internet.

Mencari Alternatif Tanggal Atau Rute Kereta Api

Jika ingin memesan tiket tentu akan membutuhkan kata kunci untuk menemukan ketersediaan tiket yang Anda butuhkan. Jika sedang memesan tiket kereta api tambahan maka gunakan tanggal atau rute kereta api sebagai kata kuncinya. Hal ini dikarenakan kedua spesifikasi tiket ini akan dirilis secara bersamaan pada waktu pembukaan penjualan tiket.

Apabila Anda mencari ketersediaan tiket dengan kata kunci selain dua hal tersebut. Misalkan seperti jenis kelas maka kemungkinan tiket yang Anda cari tidak muncul karena pemesanan tiket tidak didasarkan pada hal tersebut. Gantilah kata kunci tersebut dengan misalkan tiket rute Bandung-Semarang atau tiket kereta untuk tanggal sekian. Oleh karena itu, jangan membuang-buang waktu dengan memasukkan kata kunci yang salah.

Membuang-buang waktu akan membuat Anda kehabisan jatah tiket tambahan. Pengguna  dengan kata kunci yang mudah ditemukan oleh mesin pencarian akan terlebih dahulu menemukan tiket dan pasti akan lebih cepat mendapatkannya. Jika Anda sudah mengetahui tips ini maka segera terapkan agar tidak sampai kehabisan tiket kereta api tambahan.

Mencari Alternatif Tiket Terusan

Jika sudah terlanjur kehabisan tiket dari daerah Anda menuju kota tujuan, maka gunakan tiket yang tersisa untuk bisa mendapatkan tiket kereta api tambahan. Dalam hal ini Anda harus mencari dua rute perjalanan atau lebih untuk bisa mencapai tempat tujuan Anda. karena bisa saja rute perjalanan yang Anda incar sebelumnya memang paling banyak diminati sehingga Anda harus memanfaatkan rute perjalanan lebih sedikit peminatnya.

Sebagai contoh misalkan tiket kereta api untuk rute Bandung-Semarang sudah habis dalam waktu singkat karena banyaknya permintaan tiket. Akan tetapi stok tiket untuk rute Bandung-Solo masih tersedia karena peminatnya lebih sedikit, maka ambilah kesempatan tiket tersebut. Selanjutnya Anda tinggal mencari tiket terusan dengan rute Solo-Semarang untuk melanjutkan perjalanan ke kota tujuan.

Meskipun agak direpotkan dengan pergantian kereta api serta menunggu waktu saat transit di stasiun kedua, Anda masih tetap bisa menggunakan kereta api sebagai transportasi umum. Selain itu, Anda juga masih bisa mencapai kota tujuan dengan aman dari pada menggunakan bus yang berdesakan serta kemungkinan terjadi macet akan sangat besar. Jika menggunakan pesawat maka akan membutuhkan biaya transportasi yang lebih mahal.

Perhatikan Waktu Pemesanan Tiket

Karena membludaknya permintaan akan kebutuhan tiket kereta api, maka kebanyakan orang juga pasti akan memburu tiket saat penjualan tiket kereta api tambahan baru dibuka. Dalam hal ini, menit-menit pertama saat penjualan dibuka akan terjadi traffic pemesanan yang penuh pada kondisi tersebut. Hal ini menyebabkan kemungkinan server mengalami error pada awal perilisan tiket kereta api tambahan.

Oleh karena itu sebaiknya pemesanan tiket dilakukan pada waktu orang-orang mulai berhenti menggunakan website atau aplikasi pesan tiket online. Pada waktu dini hari seperti pukul 01:00 keatas hingga menjelang subuh merupakan waktu yang lebih optimal dalam memesan tiket. Pada waktu tersebut akan sedikit pengguna yang memesan tiket sehingga pesaing Anda juga akan semakin berkurang dalam memesan tiket.

Segera Lakukan Pembayaran

Jika Anda berhasil memesan tiket di waktu awal, maka jangan merasa lega terlebih dahulu sebelum melakukan pelunasan pembayaran. Sering terjadi kepada pengguna yang sudah berhasil memesan tiket di awal namun tidak melakukan pembayaran dalam jangka waktu satu jam sehingga tiket yang telah dipesan hangus. Tiket yang hangus tersebut akan dapat dipesan kembali oleh pengguna lainnya.

Dengan demikian kesempatan emas yang diperoleh sebelumnya akan hilang begitu saja. Oleh karena itu segera lakukan pembayaran setelah berhasil membooking tiket kereta api tambahan agar tiket tersebut sudah benar-benar menjadi milik Anda.  Beruntung jika Anda masih bisa memperoleh kesempatan kedua untuk menemukan tiket yang masih tersisa. Namun jika tiket sudah terjual habis maka Anda hanya akan bisa meratapi nasib Anda.

Mengecek Secara Berkala Situs Penjualan Tiket

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, jika terdapat pengguna yang sudah memesan tetapi belum melakukan pembayaran dalam waktu maksimal satu jam. Maka tiket tersebut akan hangus dan dapat dipesan kembali. Anda juga bisa memanfaatkan keadaan ini untuk mendapatkan tiket kereta api tambahan yang hangus tersebut dengan mengecek situs penjualan tiket secara berkala.

Namun, jangan sampai tragedi tiket hangus juga terjadi pada Anda sehingga jika pada pengecekan secara berkala diperoleh tiket yang bisa dipesan. Maka segera lakukan pembayaran tiket dan jangan bersantai ria serta menunda waktu untuk melakukannya. Dengan demikian Anda akan memperoleh tiket yang diburu banyak orang tersebut dan menunggu waktu keberangkatan dengan tenang.

Jadi, itulah beberapa cara agar bisa memperoleh tiket kereta api tambahan. Perilisan tiket kereta api tambahan ini sering dilakukan saat menjelang mudik lebaran. Jika Anda memutuskan untuk menaiki kereta api pada perjalanan mudik, maka cara diatas dapat diterapkan untuk memperoleh tiket yang dibutuhkan. Dengan hal ini, mudik akan berjalan dengan lancar tanpa perlu pusing-pusing memikirkan masalah transportasi umum.

Categories: Others